Thursday, October 13, 2011

Uninterruptible Power Supply

Merupakan alat yang menyediakan dan mengalirkan listrik secara kontinu dan tidak terputus kepada komputer. Alat ini tersambung pada outlet listrik anda dan dihubungkan dengan komputer, monitor, dan komponen lainnya. UPS menggunakan baterai untuk memastikan bahwa komputer akan tetap hidup bahkan pada saat listrik sedang mati.
AC Power merupakan salah satu-kurang dikenal namun fungsi yang sama penting dari catu daya tak terputus (UPS). Tujuan utamanya, tentu saja, adalah untuk menyediakan sumber energi listrik untuk mempertahankan kelangsungan bisnis di seluruh gangguan dalam listrik listrik atau sampai sumber energi alternatif (seperti generator) dijalankan.
Mengapa Perlu untuk penyejuk Power?

 Ada beberapa isu yang terkait dengan baku listrik utama yang dapat menyebabkan masalah untuk peralatan elektronik. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada: sags, surges, brownouts, paku-paku dan transien, kebisingan listrik, harmonisa, variasi frekuensi dan, tentu saja, pemadaman lengkap. Paling-paling, masalah listrik dapat menyebabkan peralatan (terutama komputer dan peralatan telekomunikasi) untuk mengunci atau kecelakaan. Yang terburuk, mereka dapat mengakibatkan gangguan lengkap - sehingga perbaikan yang melibatkan mahal dan mengganggu dan / atau penggantian. Dalam hal komputer, mereka juga dapat menghasilkan data yang hilang atau rusak, yang bagi banyak industri yang banyak diatur (seperti perbankan dan keuangan) dapat mengganggu bisnis, merusak reputasi dan kredibilitas, dan dalam kasus ekstrim, dapat mengakibatkan denda berat atau denda keuangan.
Power udara, karena itu, dengan pasokan listrik yang tidak pernah terputus dan peralatan yang terkait, merupakan suatu proses yang memonitor listrik masuk listrik, membersihkan dan secara signifikan mengurangi efek dari masalah seperti yang sudah disorot. Beberapa UPS, dilengkapi dengan filter khusus, dapat mengurangi efek harmonisa Semua UPS mempertahankan. Frekuensi untuk batas yang ditentukan dalam mengoreksi sehingga fluktuasi frekuensi. beban Akhirnya, ini berarti dilindungi hulu, menerima bersih dan diatur pasokan energi listrik.

Fungsi Utama UPS:
  1. Dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama.
  2. Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera menghidupkan genset sebagai pengganti listrik utama.
  3. Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera melakukan back up data dan mengamankan [[sistem operasi] (OS) dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika listrik utama padam.
  4. Mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang dapat mengganggu sistem komputer baik berupa kerusakan software, data maupun kerusakan hardware

Komponen - komponen UPS

1.  Baterai, jenis baterai yang digunakan UPS umumnya berjenis lead-acid atau jenis nikel-cadmium. Baterai ini umumnya mampu menjadi sumber tegangan cadangan maksimal selama 30 menit.

2.  Rectifier (penyearah), penyearah berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC dari suplai listrik utama. Hal ini bermanfaat pada saat pengisian baterai.

3.  Inverter, kebalikan dari penyearah, inverter berfungsi untuk mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Hal ini dilakukan pada saat baterai pada UPS digunakan untuk memberikan tegangan ke komputer.

Jadi kesimpulannya UPS (Uninterruptible Power Supply) itu alat untuk:
  • UPS (Uninterruptible Power Supply) memberikan lisitrik cadangan kalau sumber listrik utama mati.
  • UPS (Uninterruptible Power Supply) memperbaiki sumber listrik utama jika sumber lsitrik utama mengalami gangguan seperti tegangan naik turun.

No comments:

Post a Comment