Friday, March 18, 2011

Organisasi



Apa itu organisasi? Organisasi adalah suatu sekelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama yang berasal dari kata Yunani (ργανον, organon – alat)

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut  :
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Lalu mengapa organisasi itu ada dan begitu penting? Ada beberapa alasan mengapa manusia memilih untuk berkelompok dan berorganisasi, antara lain :
  • Rasa aman
  • Harga Diri
  • Afiliasi
  • Status
  • Kekuatan
  • Pencapaian Tujuan
Dari beberapa alasan di atas, kita dapat menyimpulkan mengapa organisasi memiliki arti penting dalam kehidupan. Pada beberapa orang, kehidupan sosialisasi dianggap sangat penting. Di mana pada saat orang tersebut berkumpul dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama dan menjadikan komunitasnya, mereka akan merasa aman.

Dan darimana organisasi bermula? Bermula dari Departemen Keuangan Inggris. Pada dewan keuangan kerajaan Inggris setelah Perang Dunia ke 2. Namanya adalah Devisi dan Organisasi. Setelah Perang Dunia ke 2, Negara pemenang perang dunia tersebut mengadakan usaha – usaha yang tepat untuk dapat segera  merehabilitasi ekonomi dan keuangan. Bagian devisi Organisasi dan Manajemen diberikan tugas untuk menemukan segala masalah administrasi yang dihadapi, kemudian menentukan sebab – sebab berikut ciri-ciri masalah tersebut yang akhirnya dianalisa untuk menetapkan dan menyajikan cara pemecahannya.

Dari gambaran tersebut Organisasi dan manajemen dapat diibaratkan sebagai seorang dokter yakni dokter administrasi yang bertugas mengadakan prognosi untuk menentukan penyakit, mengadakan diagnosis untuk menentukan cirri-ciri dan jenis penyakit kemudian menentukan sebab terjadinya penyakit dan memberikan terapi pengobatan atau problem solusion.

Dari situlah kemudian devisi Organisasi dan Manajemen berkembang, di Amerika dinamakan Administrasi dan Manajemen. Di Indonesia sendiri devisi Organisasi dan Manajemen istilah lainnya Organisasi dan Tata Kerja, Organisasi dan Efisiensi dan Litbang.

Dan berikut tipe - tipe Organisasi yang ada :

Tipe Piramida Mendatar (Flat)

Ciri-ciri :
  • Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan
    sedikit
  • Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
  • Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
Tipe Piramida Terbalik

          Organisasi piramida terbalik salah satu unit dari tipe piramida terbalik ialah jumlah jabatan pimpinan lebih besar dari pada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi – organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi – organisasi atau lembaga - lembaga penelitian, lembaga - lembaga pendidikan.

Tipe Kerucut

Ciri-ciri:
  • Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak.
  • Rentang kendali sempit.
  • Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/pimpinan yang bawah/rendah. 
  • Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
  • Jumlah informasi jabatan cukup besar.


Referensi    :

http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://chacaatmika.blogspot.com/2010/10/organisasi.html
http://aldi-situmorang.blogspot.com/2009/11/asal-usul-organisasi-dan-metode.html
http://bungadit.blogspot.com/2009/11/tipe-organisasi.html





No comments:

Post a Comment