Saturday, January 7, 2012

Pancasila Sebagai Paradigma Reformasi

A.   Pancasila


Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sila – Sila Pancasila yaitu :

1.      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

2.       Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Kemanusiaan yang adil dan beradab yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Contoh nya mengikuti kegiatan – kegiatan kemanusiaan, serta berani membela kebenaran dan keadilan.

3.      Sila Persatuan Indonesia

Persatuan Indonesia dikembangkan atas dasar Bhineka Tunggal Ika, dengan menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi.

4.       Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam  Permusyawaratan Perwakilan

Dalam melaksanakan permusyawaratan, kepercayaan diberikan kepada wakil- wakil yang dipercaya. Keputusan-keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan serta, semua pihak dapat menerimannya dan melaksanakannya dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab. Kepentingan bersamalah yang diutamakan di atas kepentingan pribadi.

5.      Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia yaitu mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
Untuk itu perlu dikembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga kesinambungan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain serta perbuatannya yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.


B.   Paradigma

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, paradigma mempunyai arti kerangka berpikir atau model dalam teori ilmu pengetahuan.
           
Dengan demikian dapat disimpulkan paradigma merupakan anggapan, jalan pikiran, atau sudut pandang yaitu bagaimana cara seseorang dalam melihat dan menanggapi suatu hal.


C.    Reformasi

Definisi reformasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perubahan secara drastis untuk perbaikan (bidang sosial, politik, atau agama) dalam suatu masyarakat atau negara.
Jadi dapat dikatakan reformasi adalah menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada bentuk semula sesuai dengan nilai-nilai ideal yang dicita-citakan rakyat.


D.   Pancasila Sebagai Paradigma Reformasi
Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar negara Republik Indonesia oleh karena itu Pancasila merupakan acuan dasar dalam perubahan yang akan dilakukan. Gerakan reformasi itu sendiri dilakukan menuju keadaan yang lebih baik, perubahan yang dilakukan harus mengarah pada kehidupan rakyat yang lebih baik dalam segala aspek. Antara lain bidang ekonomi, sosial, budaya, kehidupan keagamaan serta politik.  
Reformasi pada prinsipnya suatu perbaikan yang berlandaskan kepada dasar nilai-nilai ideal yang sebagaimana dicita-citakan rakyat. Dalam hal ini Pancasila sebagai ideologi bangsa. Untuk itu reformasi dilaksanakan sesuai dengan Pancasila yang sebagaimana mestinya dicita-citakan oleh bangsa Indonesia. Jika reformasi tidak sejalan atau tidak sesuai dengan Pancasila maka gerakan reformasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik karena tidak mempunyai landasan hukum dan tidak akan sesuai dengan cita-cita bangsa dan mungkin saja akan bertetangan dengan ideologi bangsa ini.
Maka rakyat Indonesia sebaiknya menjadikan Pancasila sebagai aspek utama dalam kehidupan bermasyarakat dan kehidupan bernegara. Oleh karena itu pengamalannya harus dimulai dari setiap warga negara Indonesia dan dilakukan dalam berbagai hal termasuk dalam gerakan reformasi.  

1 comment:

  1. hay.... nama saya try , salam kenal,.
    artikelnya sangat bermanfaat... kalau ada waktu jangan lupa mampir di Tugas dan Materi Kuliah dan baca juga Makalah Pancasila Sebagai Paradigma Reformasi..

    ReplyDelete