Saturday, January 7, 2012

Reduced Instruction Set Architecture


Rancangan arsitektur CPU yang mengambil dasar filosofi bahwa prosesor dibuat dengan arsitektur yang tidak rumit dengan membatasi jumlah instruksi hanya pada instruksi dasar  yang diperlukan saja. Kata "reduced", berarti pengurangan pada set instruksinya. Rancangan ini berawal dari pertimbangan - pertimbangan dan analisa model perancangan lain yang kompleks, sehingga harus ada pengurangan set instruksinya. 

Pipelining RISC
Pipelining RISC adalah metode untuk meningkatkan kinerja sistem komputer. Instruksi yang bisa dilakukan akan dikerjakan tanpa menunggu instruksi sebelumnya selesai. Sangat baik untuk mengantisipasi waktu tunggu prosesor terhadap kerja komponan lainnya. Pipelining akan lebih mudah diimplementasikan bila set instruksi sederhana dan teratur. Kebanyakan rancangan komputer memiliki panjang set instruksi yang sama sehingga tidak ada masalah dalam hal ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah durasi antar set instruksi, karena tidak semua operasi memiliki waktu operasi yang sama. Operasi perpindahan data antar register lebih cepat daripada akses ke memori utama. Keteraturan dan durasi akan sulit diantisipasi bila set instruksi beragam, ada yang sederhana dan ada yang kompleks seperti rancangan CISC. Karena pertimbangan inilah RISC lebih mudah menerapkan pipelining untuk meningkatkan   kinerjanya.   Instruksi - instruksi RISC dibuat sederhana sehingga hampir durasi eksekusi instruksi sama sehingga akan mudah melakukan penjadwalan. Disamping keteraturan instruksi, untuk memperoleh pipelining yang optimal harus dipertimbangkan kecepatan kerja komponen - komponen komputer, penjadwalan instruksi yang tepat dan alokasi register yang dinamis.

Perbedaan RISC dan CISC
Procesor Power PC dari Motorola adalah otak utama komputer Apple Macintosh RISC:
Ø  Macintosh
Ø  SUN
Ø  DEC
Ø  Procesor Intel Pentium sebagai procesor

CISC (Complex Instruction Set Computer)
Perbedaan utama dari keduanya adalah jumlah set instruksi. Mana yang lebih baik antara set instruksi yang sedikit atau banyak ?

Sebagai pembanding adalah :

·         RISC (keluarga PIC12/16CXX dari Microchipdan COP8 buatan National Semiconductor)
·         CICS (68HC11 buatan Motorola dan 80C51dari Intel)


Prosesor Superskalar
Prosesor Superskalar adalah istilah bagi prosesor yang mampu melakukan banyak instruksi setiap siklusnya, dengan menggunakan sebuah teknik yang disebut dengan pipelining.
Prosesor superskalar umumnya menggunakan beberapa unit fungsional, menciptakan jalur paralel di mana berbagai instruksi yang berbeda dapat dieksekusi secara paralel. Dengan pengaturan tersebut, maka dimungkinkan untuk memulai eksekusi beberapa instruksi secara paralel tiap siklus detak. Tentu saja, eksekusi paralel harus mempertahankan kebenaran logikan program, sehingga hasil yang diperoleh harus sama dengan hasil dari eksekusi secara serial.

No comments:

Post a Comment